Selasa, 03 Juni 2014

issue kehamilan

BAB 1
PENDAHULUAN

Mitos adalah satu cerita, pendapat atau anggapan dalam sebuah
kebudayaan yang dianggap mempunyai kebenaran mengenai suatu
perkara yang pernah berlaku pada suatu masa dahulu, yang kebenarannya belum tentu benar adanya. Banyak dijumpai seputar mitos yang
berkembang khususnya pada masyarakat awam, yang keberadaannya berbeda dari masa-masa ke masa.
Setiap masing-masing daerah mempunyai ciri khasnya sendiri yang disesuaikan dengan kebudayaan leluhurnya pada masa itu. Sehingga masih kentalnya mitos yang dipercayai oleh masyarakat di setiap daerah.
Mitos berupa nasehat, anjuran ataupun larangan. Beberapa mitos dapat bertahan karena memberikan nasehat yang sesuai dengan pengalaman sehari-hari tetapi tidak semua mitos yang kebenarannya belum tentu benar adanya yang terbukti salah atau tidak efektif. Karena masih banyaknya masyarakat yang percaya terhadap pola fikir zaman dahulu sehingga masih bertahan hingga saat ini. Dampak yang ditimbulkan menjadi sebuah mitos.

Beberapa contoh Mitos yang beredar dimasyarakat Saat Kehamilan (Daerah Jawa Barat)

Pada pembahasan menjelaskan mitos tentang kehamilan yang lebih
spesifik, khususnya di daerah Jawa Barat karena dari mitos kehamilan tersebut terdapat berbagai macam nasehat, pantangan atau anjuran pada saat masa kehamilan. Berikut adalah beberapa mitos yang ditemui dari adat istiadat Jawa yang berhubungan dengan kehamilan yaitu:
a. Ibu hamil dan suaminya dilarang membunuh binatang. Sebab, jika itu dilakukan, bisa menimbulkan cacat pada janin sesuai dengan perbuatannya itu.
Fakta: Tentu saja tidak demikian. Cacat janin disebabkan oleh
kesalahan/kekurangan gizi, penyakit, keturunan atau pengaruh
radiasi. Sedangkan gugurnya janin paling banyak disebabkan
karena penyakit, gerakan ekstrem yang dilakukan oleh ibu (misal
benturan) dan karena psikologis (misalnya shock, stres, pingsan).
Tapi, yang perlu diingat, membunuh atau menganiaya binatang
adalah perbuatan yang tidak bisa dibenarkan.

b. Membawa gunting kecil/pisau/benda tajam lainnya di kantungbaju agar janin terhindar dari marabahaya
Fakta: Hal ini justru lebih membahayakan apabila benda tajam itu
            Melukai diri ibu sendiri.
c. Ibu hamil tidak boleh keluar malam, karena banyak roh jahat yang akan mengganggu janin.
Fakta: Secara psikologis, Ibu hamil mentalnya sensitif dan mudah takut sehingga pada malam hari tidak dianjurkan berpergian.
d. Ibu hamil dilarang melilitkan handuk di leher agar anak yang
dikandungnya tidak terlilit tali pusar.
Fakta: Ini pun jelas mengada-ada karena tidak ada kaitan antara handuk di leher dengan bayi yang berada di rahim. Secara medis,
hiperaktivitas gerakan bayi, diduga dapat menyebabkan lilitan tali
pusat karena ibunya terlalu aktif.
e. Ibu hamil tidak boleh benci terhadap seseorang secara berlebihan, nanti anaknya jadi mirip seperti orang yang dibenci tersebut.
Fakta: Jelas ini bertujuan supaya Ibu yang sedang hamil dapat menjaga batinnya agar tidak membenci seseorang berlebihan.
f. Ibu hamil tidak boleh makan pisang yang dempet, nanti anaknya jadi kembar siam.
Fakta: Secara medis-biologis, lahirnya anak kembar dempet / kembar siam tidak dipengaruhi oleh makanan pisang dempet yang dimakan oleh ibu hamil. Kembar siam disebabkan oleh
pembelahan sel telur pada saat setelah dibuahi yang tidak sempurna. Oleh karenanya jelas ini hanyalah sebuah mitos.
g. “Amit-amit jabang bayi” adalah ungkapan dengan harapan janin terhindar dari kejadian yang tidak diiharapkan.
Fakta: Secara psikologis, perilaku tersebut justru dapat berujungpada ketakutan yang tidak bermanfaat.



1.       LATAR BELAKANG MASALAH/ISSUE

Jenis kelamin bayi berdasarkan bentuk perut sang Ibu. Mitos yang lazim didengar dikalangan masyarakat desa atau kota yang masih percaya akan kebenaran mitos ini.
Menurut ibudanbalita.com ada mitos yang menyatakan jika bentuk perut ibu selama hamil meruncing, ia akan melahirkan bayi lelaki. Sementara itu, jika bentuknya bundar, yang akan lahir adalah bayi perempuan. Hal ini sangat tidak masuk akal bila diamati secara medis.
Hal ini dipertegas oleh family.fimela.com, bahwa dari segi kedokteran, belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara bentuk perut dengan jenis kelamin bayi. Kepastian jenis kelamin pada bayi Anda hanya bisa dilihat pada saat anda memeriksakan kehamilan Anda di dokter melalui proses USG.



BAB  2
DISKUSI BERDASARKAN ISSUE

Dari mitos yang ada dimasyarakat tentang jenis kelamin berdasarkan bentuk perut Ibu yang mana para Ilmuan percaya, bahwa sebenarnya bukan bentuk perut dan jenis kelamin tidak memiliki kolerasi yang jelas sebab, rupa perut saat hamil dipengaruhi oleh kekuatan otot perut ibu akan lebih besar?
Para peneliti juga menemukan fakta bahwa jika wanita baru pertama kali mengandung perutnya cenderung bulat meruncing sebab otot diperutnya masih kuat menopang rahim.
Dan pada kehamilan berikutnya akan bertambah besar, tetapi tidak lagi meruncing,dikarenakan otot perut tak lagi kuat menopang rahim layaknya dikehamilan pertama.
Dari issue ini dapat kami simpulkan bahwa mitos yang ada ini hanya merupakan kepercayaan yang terus diyakini oleh masyarakat awam yang secara turun temurun, sehingga menimbulkan salah tafsir yang cendrung dibiarkan saja terus diyakini oleh masyarakat.


BAB 3
KESIMPULAN


Dari diskusi mengenai Mitos jenis kelamin bayi berdasarkan bentuk perut Ibu,berdasarkan sumber yang kami peroleh bahwa belum ada bukti yang menunjukan bahwa anak perempuan dapat membuat perut melebar atau bayi laki-laki lebih diatas dalam rahim.
Inilah mitos yang beredar dikalangan masyarakat, yang bisa saja dari daerah yang berbeda-beda diIndonesia tidak begitu banyak perbedaan.
Dan bisa diambil kesimpulan bahwa adanya mitos mungkin untuk alternatif untuk bisa menjadikannya hiburan untuk menebak-nebak apa jenis kelamin bayi nanti untuk sarana penghilang stress pada masa-masa kehamilan.

 DAFTAR PUSTAKA

http://www.vemale.com/topik/kehamilan/31025-mitos-bentuk-perut-hamil-menandakan-jenis-kelamin-bayi.html


Tidak ada komentar:

PERTAMA KALI KE BANGKOK, BUDGET + ITINERARY 5N 6D

HALOOOO BLOG!! Sudah berapa tahun kah aku gak posting di blog??? Sepertinya lamaaa sekali yaaa huhu karena kehabisan content... Ka...